-->

Sejarah Google Lengkap Dengan Perkembangannya


 Google,siapa yang tak kenal dengannya ? Di zaman yang modern ini Google bisa di bilang sebagai sahabat bagi para pengguna internet. Google pun hadir sebagai salah satu mesin pencari terbaik dan menjadi pilihan banyak orang untuk mencari berbagai informasi. Walaupun hampir setiap hari banyak yang menggunakannya, tapi tidak sedikit juga orang yang belum mengetahui mengenai sejarah Google dan juga perkembangannya.Untuk itulah saya akan mencoba mengulasnya dalam artikel ini.


Salah satu logo dalam sejarah Google

Sejarah Google Lengkap Dengan Perkembangannya


 Istilah "Mbah Google" tentu sudah tidak asing lagi sekarang. Istilah tersebut merupakan julukan untuk Google, sebuah mesin pencari yang sangat populer saat ini. Google adalah salah satu produk dari Google Inc. yang merupakan sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Sementara untuk labanya sebagian besar berasal dari bidang periklanan,yaitu Adwords.

Di dirikan pada tanggal 4 September 1998, menurut saya pribadi Google merupakan perusahaan yang cukup unik. Banyak sumber yang mengatakan bahwa tempat awal mula berdirinya Google adalah di ruang garasi rumah teman mereka di Menlopark, California. Baru pada Februari 1999 Google memutuskan untuk pindah ke kantor di 165 University Ave, Palo Alto, California. Dan pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California (di "Googleplex").

Sedangkan pendiri Google bernama Sergey Brin dan Larry Page yang saat itu masih menjadi salah satu mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Tahun 1996 Larry Page dan Sergey brin mengembangkan mesin pencari bernama BackRub, namun pada tahun 1997 mereka menggantinya dengan nama Googol yang merupakan istilah matematika untuk angka satu yang di ikuti oleh 100 angka nol.

Namun, rupanya kesalahan para investor dalam mengeja kata Googol menjadi Google,yang juga terlanjur menuliskannya dalam cek menjadi awal kata Google tercipta seperti yang saat ini kita kenal dan bertahan sampai sekarang. Keunikannya tak cukup sampai di situ, masih banyak hal-hal unik yang melekat pada perusahaan tersebut. Di antaranya sebutan untuk hampir semua karyawan Google adalah Googler dan untuk karyawan barunya memiliki sebutan Noogler.

Hebatnya, dalam jangka waktu kurang lebih 3 bulan saja Google masuk dalam salah satu dari 100 website baru yang di perhitungkan di dunia seperti di kutip dari salah satu media online. Google mengalami pertumbuhan yang cepat hingga mampu menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerjasama di bidang mesin pencari inti Google.

Google juga memiliki produk lain yang cukup mumpuni di berbagai bidang. Di antaranya bidang periklanan seperti Google Adsense dan Google Adwords, bidang komunikasi seperti Gmail dan Google Chrome, dan juga di bidang telepon genggam Google meluncurkan Android.

Dengan semakin besarnya perusahaan,Google juga mulai melebarkan sayapnya dengan membuka cabang di berbagai negara termasuk di negara kita tercinta ini, Indonesia. Kantornya beralamat di Sentral Senayan II Lt. 28,Jalan Asia Afrika No. 8, Jakarta Pusat. Dari hasil penjelajahan dan wawancara salah satu media lokal yang memiliki kesempatan untuk mengunjungi kantor Google Indonesia mengatakan bahwa kantor tersebut memiliki keunikannya tersendiri dan sangat menarik untuk di kunjungi. Di sana terdapat ruangan dengan nama yang terdengar cukup nyeleneh, seperti "Gudang Rezeki","Pangkalan Ojek",dan "Gelora Asmara" yang di maksudkan untuk mengundang rasa penasaran.

Menurut Country Directur Google Indonesia, Rudy Ramawy, dengan adanya nama-nama unik di ruangan itu biasanya pengunjung atau karyawan Google negara lain akan bertanya apa artinya,lalu ia atau rekan-rekan kerjanya akan menjelaskan makna dari nama-nama tersebut agar mereka lebih mengenal budaya Indonesia.

Selain itu,sebagai perwakilan di Indonesia,tak aneh jika Google berusaha menyertakan elemen-elemen budaya Indonesia dalam kantornya. Itu dapat di lihat dari gambar tokoh wayang Punakawan, seperti Semar, Petruk, Bagong, dan Gareng di kaca pembatas salah satu ruang rapatnya. Dan tentunya ada satu lagi warisan budaya asli Indonesia yang terdapat di kantor tersebut. Batik, di dalam kantor Google Indonesia terdapat cetakan-cetakan batik cap aneka pola yang menghiasi logo Google.

Baru-baru ini, tepatnya pada 10 Agustus 2015, Google melalui CEO Google, Larry page mengumumkan rencana pembentukan perusahan baru bernama Alphabet di blog resmi Google. Alphabet akan menjadi perusahaan induk mencakupi Google dan usaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google. Di karnakan Larry page akan menjadi CEO Alphabet, maka otomotis Google di pimpin orang lain. Kini CEO baru Google di jabat oleh Sundar Pichai.

Demikian penjelasan mengenai "Sejarah Google Lengkap Dengan Perkembangannya". Semoga dengan pembentukan Alphabet dan adanya pembentukan kepengurusan yang baru ini akan semakin menambah kinerja Google menjadi lebih baik lagi. Tentunya tidak hanya berkembang dari produk teknologi mesin pencarinya saja, tapi dari semua bidang dan produk yang di milikinya.

Google adalah perusahaan yang sering menawarkan dan memberikan berbagai kemudahan khususnya di bidang teknologi dan internet saat ini. Untuk itu saya dan juga anda pasti berharap Google akan terus berinovasi agar tetap eksis dan mampu memberikan lebih banyak lagi kemudahan yang tentunya akan sangat berguna bagi kita.

Dengan budaya kerja unik yang di milikinya, serta berbagai fasilitas menarik yang di berikan kepada setiap karyawannya, kadang saya juga bermimpi menjadi salah satu bagian dari Google.

Bagaimana dengan anda ? Apakah anda juga tertarik ? Silahkan tulis jawaban anda di kolom komentar :)

1 Response to "Sejarah Google Lengkap Dengan Perkembangannya"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel