-->

Pengertian Dan Sejarah Internet Di Indonesia Dan Dunia

 Internet, siapa yang tak tahu dan tak pernah menggunakannya? Jika anda sedang membaca artikel ini, berarti anda termasuk sedang menggunakannya. Saat ini sebagian besar masyarakat di seluruh dunia, terutama yang tinggal di kota-kota besar pasti mengetahui dan pernah menggunakan internet. Karena dengan internet kita bisa mendapatkan berbagai informasi dalam beragam bentuk seperti tulisan, gambar, suara, file audio visual, dan bentuk informasi lainnya sehingga dapat di katakan sebagai jendela kita untuk melihat dunia ini dengan lebih luas lagi.

Pengertian Dan Sejarah Internet Di Indonesia Dan Dunia

Sebagai manusia yang hidup di zaman modern ini, kita di tuntut untuk mengikuti berbagai perkembangan, terutama di bidang teknologi. Teknologi yang berkembang saat ini sangatlah pesat. Untuk itu saya akan mencoba membahas mengenai pengertian dan sejarah internet di Indonesia dan dunia sebagai salah satu langkah kita untuk lebih mengenal internet, yang merupakan salah satu teknologi yang memiliki peranan penting saat ini.

Pengertian Internet Secara Umum

 

 Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking. Seperti di kutip dari Wikipedia, internet memiliki pengertian seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protokol/Internet Protokol (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani seluruh masyarakat dunia yang menggunakannya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

 

 Dan menurut sejarahnya, pengertian internet sangat beragam. Untuk mengetahui lebih lanjut kita akan membahas beberapa pengertian internet menurut para ahli,di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Menurut Lani Sidharta, salah satu ahli ini berpendapat bahwa internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang dapat memberikan layanan informasi secara lengkap. Dan terbukti bahwa internet di lihat sebagai media maya yang dapat menjadi rekan bisnis, politik, sampai hiburan. Semuanya sudah tersaji dalam media ini.
  • Sementara menurut Khoe Yau Tung, yang juga salah satu ahli menyatakan bahwa internet adalah jaringan satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia.

Dengan banyaknya pendapat dari para ahli tentang pengertian dan sejarah internet,tentunya menjadi daya tarik tersendiri dalam mengambil kesimpulan untuk memahami internet. Dan saya yakin sekarang anda memiliki pendapat tersendiri mengenai internet.

Jika lebih di sederhanakan lagi, internet adalah akses bagi kita untuk menjelajahi berbagai situs di dunia maya melalui Google atau mesin pencari lainnya. Selain itu kini internet menjelma menjadi peluang bisnis baru yang cukup menjanjikan. Contoh nyatanya adalah Mark Zuckerberg, pencipta situs jejaring sosial bernama Facebook yang kini menjadikannya salah satu miliarder termuda saat ini.

Sejarah Internet Di Dunia

 

 Internet sudah ada sekitar 46 tahun yang lalu sejak saya menulis artikel ini, tepatnya pada tahun 1969. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk ARPA yang di peruntukan mengembangkan jaringan yang kemudian mereka namakan dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Pada saat itu juga mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET ini merancang bentuk jaringan,kehandalan,seberapa besar informasi dapat di pindahkan.Dan pada akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang di kenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol).

Sebenarnya tujuan awal di bangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila perang dapat mudah di hancurkan.

Sedangkan pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah. Lalu pada tahun 1969 mereka membentuk satu jaringan terpadu dan baru pada bulan Oktober 1972 ARPANET di perkenalkan secara umum.

Tidak membutuhkan waktu lama, proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan semua universitas di daerah tersebut ingin bergabung. Dan hal tersebut membuat ARPANET sulit untuk mengaturnya. Di karnakan hal tersebut, ARPANET di pecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas.Gabungan kedua jaringan akhirnya di kenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian di sederhanakan menjadi Internet.

Sejarah Internet Di Indonesia

 

 Keberadaan internet di Indonesia dengan awal mula di dirikannya terpaut jarak sekitar 20 tahun-an. Dimana pertama kali internet di ciptakan pada tahun 1969, sementara keberadaan internet di Indonesia baru di mulai di akhir dekade 80-an. Sejumlah negara-negara kawasan asia seperti Jepang, Cina, Korea dan India sudah lebih dahulu mengembangkan teknologi ini.Mereka mengikuti Eropa yang pada tahun 1985 sudah menciptakan EuropaNet dan EBONE sebagai sistem yang mengintegrasikan jaringan komputer berteknologi internet di kawasan Eropa.

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24)  di daftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhamad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto dan Onno W. Purbo merupakan nama-nama legendaris di awal pembangunan internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing dari mereka sudah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Pada awal perkembangannya di Indonesia, internet baru mencakup kegiatan yang bersifat hobi dan non-komersial. Dan di awal 1990-an kebanyakan hanya komunitas akademisi, mahasiswa serta ahli telekomunikasi saja yang menjadi pengguna internet. Walaupun begitu pembangunan infrastruktur untuk menyambut teknologi internet tetap di lakukan secara gencar dan teliti.

Baru Setelah IndoNet, yaitu Internet Services Provider (ISP) pertama di Indonesia berdiri pada tahun 1994, internet mulai di kenal oleh masyarakat. Perlahan-lahan kemudahan untuk mendapatkan akses internet ini semakin mudah untuk di dapatkan. Setelah itu mulai banyak ISP baru yang berdiri dan di ikuti oleh operator telepon seluler yang tidak mau kalah untuk menambahkan fasilitas internet dalam layanannya.

Saat ini, dengan banyaknya kemudahan dalam mengakses internet membuat hampir semua penduduk Indonesia dapat menggunakannya, baik itu melalui handphone, warnet ataupun dengan berlangganan paket internet rumah. Pada hari kamis, 08 Mei 2014 Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 82 juta orang.

Dengan semakin canggih dan besarnya manfaat yang di dapat dari teknologi internet ini,semoga di masa mendatang semua penduduk Indonesia yang ada di daerah pelosokpun dapat ikut menikmati akses internet layaknya seperti di kota-kota besar. Apakah di daerah anda sudah mendapatkan akses internet yang memadai ?

0 Response to "Pengertian Dan Sejarah Internet Di Indonesia Dan Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel