-->

Apa itu Domain Dan Subdomain? Ini Pengertian, Perbedaan, Fungsi, dan Contohnya

 Domain dan subdomain, bagi anda yang kesehariannya bergelut dengan dunia internet, tentu sudah tidak asing lagi dengan dua istilah tersebut. Namun, bagi kebanyakan orang awam atau bagi para pemula di internet, mungkin dua istilah itu terasa janggal di telinga. Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama penjelasannya berikut ini :

Apa itu Domain Dan Subdomain? Ini Pengertian, Perbedaan, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Domain Dan Subdomain Beserta Contohnya Masing-Masing

 Apa itu domain? Jika anda akrab dengan aktifitas searching, atau gemar dengan aktifitas social networking, tentunya sudah sangat sering mengunjungi situs-situs seperti google, blogger, facebook, ataupun twitter. Sebagai contoh, saat kita mengetikan kata blogger pada kolom pencarian di serch engine, maka akan muncul halaman seperti berikut :

Contoh Domain

Perhatikan gambar di atas dengan baik, kata yang di lingkari di atas itulah yang di sebut dengan domain (tanpa www.). Jadi situs blogger ini mempunyai domain blogger.com (di baca blogger dotkom).

Menurut Wikipedia, domain adalah nama unik yang di berikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, Selain juga di pakai untuk mengingat nama server yang di kunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang di kenal sebagai alamat IP. Nama domain juga di kenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain juga kadang-kadang di sebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Jadi, saat kita mengakses suatu situs atau website, maka kita harus mengetahui alamat IP server tempat web tersebut di simpan. Alamat IP itu berupa deretan beberapa angka yang berfungsi untuk mengakses suatu website. Contoh alamat IP itu seperti 180.214.432.4, dan seandainya kita mengakses nomor-nomor tersebut pada addres bar di penjelajah web, maka kita bisa langsung menuju website pemilik alamat IP tersebut. Singkatnya jika sebuah website di ibaratkan rumah, maka alamat IP ini adalah jalan menuju rumah itu.

Lalu apa hubungannya alamat IP dengan domain? Seperti di ketahui bahwa alamat IP yang di gunakan sebagai alamat suatu website itu berupa deretan angka, yang bagi kebanyakan orang tentunya sangat sulit untuk mengingatnya. Jadi, untuk lebih mempermudah mengingat alamat suatu website itulah lalu di ciptakan domain sebagai pengganti alamat IP-nya.

Contoh lain, nama domain seperti "facebook.com" lebih mudah di ingat ketimbang alamat IP seperti 180.214.432.4. Kesimpulannya alamat IP dan domain itu memiliki fungsi yang sama, hanya saja berbeda bentuknya. Dan biasanya nama domain pada suatu website memiliki nama yang unik, singkat, atau nama yang sesuai dengan pokok pembahasan website tersebut.

"Jadi, bisa di katakan bahwa domain adalah nama unik pengganti alamat IP yang bertujuan untuk mempermudah mengingat alamat suatu website".

Perlu di ketahui bahwa setiap negara memiliki domainnya masing-masing atau domain kode negara. Seperti Indonesia memiliki domain .id, Amerika Serikat dengan domain .us, Malaysia .my, Australia .au, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk lebih lengkap mengenai daftar domain suatu negara bisa anda temui di sini.

Baca juga: Pengertian Dan Sejarah Internet Di Indonesia Dan Dunia

Lalu domain .com milik negara apa ? Umumnya setiap domain memiliki fungsinya masing-masing sesuai dengan keperluannya. .com sendiri adalah domain untuk tujuan komersil, jadi .com bukanlah domain resmi milik suatu negara. .com juga merupakan salah satu TLD (top level domain) pertama yang ada di dunia, yaitu di resmikan pada tahun 1986 dan menjadi domain terbanyak atau yang paling sering di pakai oleh pengguna di seluruh dunia.

Selain .com,masih banyak lagi nama-nama domain TLD dan fungsi lainnya, berikut contoh domain TLD lainnya :

.com: di gunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan.
.net: di gunakan untuk kepentingan network infrastruktur.
.org: di gunakan untuk kepentingan organisasi.
.info: di gunakan untuk kepentingan informasional situs web.
.name: di gunakan untuk kepentingan keluarga atau perorangan.
.edu: di gunakan untuk kepentingan pendidikan (terbatas hanya untuk pendidikan)
.mil: di gunakan untuk kepentingan militer (terbatas hanya untuk kepentingan militer)
.biz: di gunakan untuk kepentingan bisnis.
.tv: di gunakan untuk entertainment seperti televisi, radio, majalah, dan lain-lain.
.travel: di gunakan untuk kepentingan bisnis pariwisata.

sumber: Wikipedia

Apa bedanya domain dengan Subdomain?

 Yang namanya subdomain tidak lepas dari domain. Itu karena subdomain merupakan bagian dari domain, biasanya subdomain di gunakan sebagai pembagian area dari sebuah situs atau website. Contohnya untuk area utama sebuah website adalah "webutama.com", dan untuk area pelanggan atau anggota website tersebut menggunakan subdomain "my.webutama.com".

Dari contoh di atas juga menyimpulkan bahwa "subdomain adalah bagian dari induk domain, dan berada di depan domain di pisahkan oleh titik". Jadi, kata "my" pada "my.webutama.com" adalah subdomain, sedangkan "webutama.com" adalah induk atau domainnya.

Artikel lain: Pengertian, Fungsi, Dan Tujuan Blog

Di atas saya sudah menjelaskan bahwa setiap negara memiliki domainnya masing-masing. Di Indonesia memiliki domain .id yang menjadi domain kode negara sejak 1 September 2005. Namun, sebenarnya dari domain .id ini di bagi lagi menjadi beberapa subdomain. Berikut daftar subdomain dari .id yang di dapat dari sumber wikipedia :

.or.id di gunakan untuk organisasi.
.co.id di gunakan untuk komersial.
.go.id di gunakan untuk pemerintahan (khusus untuk pemerintahan dan harus ada izin dari pemerintahan yang bersangkutan).
.ac.id di gunakan untuk pndidikan seperti universitas.
.sch.id di gunakan untuk sekolah dasar.
.net.id di gunakan untuk internet provider.
.web.id di gunakan untuk umum

Sekian penjelasan mengenai Apa itu Domain Dan Subdomain? Ini Pengertian, Perbedaan, Fungsi, dan Contohnya. Jika ada pertanyaan atau ingin memberikan masukan, mari kita berbagi pendapat di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

3 Responses to "Apa itu Domain Dan Subdomain? Ini Pengertian, Perbedaan, Fungsi, dan Contohnya "

  1. tq atas perkongsian nya. bagaimana harus domain itu diwujudkan. jika ada blog adakah secara aotumatik nama blog yang saya gunakan sekarang ini juga dimaksudkan domain.

    ReplyDelete
  2. mohon pencerahan sebab saya orang baru berjinak jinak dengan dunia blooger

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel